IKATAN ANTAR AGAMA DI GEREJA KATEDRAL WASHINGTON

LOGO DAMAI TV_HIGHRESS-01 One of the programs in Damai TV which runs until 15 January 2015 features selected photographs by think archipelago. Watch the footage below.


Gereja Katedral Washington, tempat bernaungnya jemaat Episkopal Amerika Serikat, pada pekan lalu menjadi tempat bagi umat Muslim dalam menjalankan ibadah sholat Jumat.

Hal ini diselenggarakan secara simbolis oleh para tokoh dan organisasi dari kedua agama tersebut sebagai bentuk persahabatan antar umat beragama yang semakin nyata hidup berdampingan di ibu kota pemerintahan Amerika Serikat tersebut.

Pesan kuat yang muncul dari prakarsa ini adalah jaminan kebebasan beragama bagi sekitar tiga juta penganut Islam di Amerika Serikat, dan juga himbauan agar masyarakat di negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam mampu mengupayakan hal yang sama terhadap pemeluk agama lain.

Kritik hingga kecaman datang dari dalam dan luar negeri, namun hal tersebut tidak menggoyahkan keyakinan Pendeta Gina Campbell, Pemimpin Liturgi Katedral, dan Duta Besar Afrika Selatan untuk Amerika Serikat Ebrahim Rasool bahwa upaya untuk membangun persatuan antar umat beragama merupakan tujuan yang mulia dan indah bagi umat manusia.
Terlebih pemilihan Gereja Katedral Washington memberikan efek yang luar biasa mengingat reputasi gereja ini begitu besar sepanjang sejarah Amerika Serikat. Prosesi pemakaman beberapa presiden negara tersebut berlangsung di sini.
Ini bukan pertama kalinya Gereja Katedral Washington membuka pintu bagi umat Islam untuk berkumpul dan beribadah. Gereja beraliran liberal yang dikenal giat mendukung persamaan hak asasi manusia ini telah mengundang para imam untuk berceramah tentang persaudaraan antar agama di sana.
Namun ini adalah pertama kalinya umat Islam dipersilakan untuk menjalankan ibadah sholat Jumat secara utuh. Gina Campbell menyatakan bahwa kita semua menyembah tuhan yang sama.

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s