Pahatan watak dan pikiran Henryette Louise di Spiritcuil

Spiritcuil is a solo exhibition by Indonesian artist Henryette Louise held in Studio Hanafi. think archipelago is a proud media partner of the event which runs from 7 until 24 October 2019. To visit Studio Hanafi official site, go to www.studiohanafi.com, or their instagram @galerikertas_art, and @studiohanafi.

Seniman Henryette Louise membuka kesempatan kolaborasi dengan seniman lintas disiplin. “Konsepnya Open Studio,” kata Lousie. Selama lebih kurang sebulan ia membuat Galeri Kertas Studio Hanafi menjadi layaknya studio kerja. Di studio tersebut ia akan menerima partisipan yang berminat untuk berproses bersama, merangkum ide bersama, dan membuat suatu karya bersama-sama.

“Jadi, konsepnya terbuka, setiap partisipan bisa datang dan pergi selama durasi workshop. Orang-orang juga boleh datang untuk melihat kami berproses,” ujar Louise.

Kurator Galerikertas, Heru Joni Putra, mengatakan bahwa program “Open Studio/Full Time Artist” ini menggabungkan proses dan pameran.

“Semua partisipan berproses sekaligus berpameran di saat yang sama. Mereka memamerkan proses sekaligus seiring berjalan waktu memamerkan karya-karya yang muncul dari proses tersebut.”

Bagi partisipan yang tidak mempunyai latar belakang seni, setidaknya, program ini menjadi ruang untuk mempelajari bagaimana seniman bekerja melalui metode yang dijalanan Henryette Louise. Dan bagi partisipan yang berasal dari latar belakang seni, setidaknya, program ini bisa menjadi ruang dialog dan uji coba kerja-kerja kolaborasi.

Henryette Louise dikenal sebagai seniman yang gemar memanfaatkan benda tak terpakai. Dalam konteks kerja penciptaannya, sebuah benda loak tidak hanya sebatas mendapatkan bentuk baru, tetapi juga fungsi dan makna baru.

Louise menyebut modus penciptaannya sebagai “re-use” atawa penggunaan kembali. Ia tidak menggunakan kata “re-cycle” atau daur-ulang. Ada perbedaan mendasar antara “re-use” dan “re-cycle” dalam konteks ini.

Dalam daur ulang, material bisa saja kehilangan sejarahnya. Ketika sebuah benda didaur ulang hingga menjadi material mentah, maka cenderung saat itu makna-makna sosio-kultural dari benda tersebut lenyap, kehilangan “nyawa” awalnya.

Lain halnya bila yang dilakukan adalah “re-use”. Sebuah benda yang digunakan kembali, dengan fungsi dan makna baru, tak akan hilang “nyawa” benda tersebut sepenuhnya. Selama benda tersebut masih mengandung bentuk awalnya, maka selama itu masih terikat dengan sejarah serta nilai sosial-kulturalnya.

Dengan kata lain, kerja “re-use” adalah kerja untuk “bermain-main” dengan bentuk awal serta makna lumrah pada sebuah benda, untuk kemudian diperluas, dikembangkan, atau dibenturkan dengan makna-makna baru.

Henryette Louise merupakan seniman asal Blitar dan menetap di Bandung. Ia pernah belajar seni rupa di SMSR Surabaya dan Seni Rupa STSI Bandung. Ia telah melakukan puluhan pameran bersama sejak tahun 2002 dan empat kali pameran tunggal sejak 2009. Dua pameran tunggal terakhirnya adalah Lokositato Makhluk (2014) dan Intro Lokos #1 (2015).

Tahun 2019 ini ia menyelenggarakan pameran tunggal-berdua berjudul Simbol dan Alegori di Museum dan Tanah Liat, Jogjakarta. Ia pernah beroleh beberapa penghargaan seperti Top 10 Asian Fotografi Analog Emerging Artist (1997), Pemenangan Kompetisi Instalasi Bebegig Nasional (2005), Peraih Hibah Seni dan Lingkungan (2014), dan Gold Award Emerging Artist UoB Painting of the Year (2016).

Sehari-hari ia berkomunitas-bekerja di Invalinder Urban sebagai artistik konseptor dan di Hellmate Circle sebagai freelance ilustrator. Bila ditanya soal pernyataan berkeseniannya, ia selalu menjawab, “Seni adalah kejanggalan yang memiliki tempat terpahatnya watak dan pikiranku.”

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s