Koko Cici Jakarta 2021: spirit of phoenix

Pemilihan Koko Cici Jakarta merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan untuk mencari putra-putri terbaik di DKI Jakarta untuk menjadi duta budaya Tionghoa, duta pariwisata dan duta social di DKI Jakarta. Acara budaya ini tergolong prestisius, karena rutin dihadiri oleh kepala daerah, kalangan pejabat pemerintahan, pengusaha, dan tokoh masyarakat.

Setelah suksesnya pelaksanaan Koko Cici Jakarta 2019, tahun 2020 semua acara yang mendatangkan keramaian harus dibatalkan akibat upaya semua untuk mengatasi pandemi.

Kini, di tengah pandemi COVID-19 masih mendera, namun menimbang penurunan kasus harian di DKI Jakarta pada khususnya, Pemilihan Koko Cici Jakarta 2021 kembali diadakan, dan mengambil tema Spirit of Phoenix.

Spirit memiliki arti semangat, sedangkan Phoenix sering dianggap sebagai raja dari segala burung, sehingga dianggap sebagai burung yang paling terhormat. Satwa yang digambarkan kepala seperti burung pelikan, berleher seperti ular, berekor sisik ikan, bermahkota burung merak, bertulang punggung mirip naga dan juga berkulit sekeras kura-kura ini, diyakini akan memperbaiki keadaan dan
mendamaikan suasana.

Selain itu, Phoenix juga merupakan lambang dari kebajikan, keharmonisan, tanggung jawab, perbuatan baik, kemanusiaan, sosok yang dapat dipercaya, sehingga sering dijadikan sebagai simbol dari pelbagai daur hidup manusia.

Dengan demikian diharapkan Koko Cici Jakarta sebagai duta budaya Tionghoa, duta pariwisata dan duta sosial di DKI Jakarta dapat membangkitkan semangat menyongsong hari yang indah.

Sama dengan kriteria yang ditetapkan di rangkaian pagelaran sebelumnya, kontestan Koko Cici Jakarta akan dinilai berdasarkan 3B+1T, yaitu behavior, brain, beauty & talent.

Namun ada yang berbeda di tahun ini, di mana penggunaan teknologi komunikasi daring memungkinkan para finalis untuk mempertunjukkan penampilan dan bakat mereka , seperti beatbox, acting, wushu, memasak, sulap, menyanyi, dansa, pertunjukan musik, melalui unggahan ke Instagram Koko Cici Jakarta.

Pada Grand Final, ke-24 finalis Koko Cici Jakarta 2021 akan memperkenalkan diri mereka dengan kemampuan bahasa asing yang dimiliki oleh masing-masing finalis. Kegiatan ini juga menjadi langkah pertama bagi finalis untuk memperkenalkan diri sebagai Koko Cici Jakarta 2021 kepada masyarakat Jakarta.

About think archipelago

Since 2012, think archipelago has provided concise business management publication of various topics to cater for the stakeholders at Archipelago Strategic & Partners Indonesia (ASPI). As it expands into reaching wider audience, the ASPI media subsidiary now also features insightful articles covering environmental and social issues, art studies, history, accompanied by critical review by ASPI professionals.

Comments

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s